Soto Ceker Pak Gendut – Jakarta

Soto Ceker Pak Gendut

“Soto Ceker Pak Gendut”…begitulah plang kain yang terpampang di pelataran trotoar samping Sarinah Thamrin. Letak gerobak Soto Ceker pak Gendut ini, di depan warung soto kudus di jalan Sabang, sejajar dengan Robinson.

Soto ceker ini terkenal seantero nusantara. Rasanya yang khas mampu menghipnotis wisatawan kuliner di seluruh provinsi di Indonesia. Beberapa penggiat kuliner dari beberapa daerah sengaja dateng ke Sabang hanya untuk membuktikan kelezatan soto ceker seperti apa yang telah diceritakan oleh teman-temannya.

Kuah sotonya berani bumbu khas Madura – Jawa Timur, dilengkapi dengan taburan bawang goreng, daun bawang, dan tak lupa yang bikin nikmat itu…taburan koya-nya. Cekernya empuk banget….bikin ketagihan. Kalau mau, soto ceker ini juga bisa dicapur dengan ‘ranjau’ alias tulang bagian dada atau deket paha atau kepala.

Untuk harga, terjangkau banget….seporsinya digetok sekitar 8500 rupiah. Selain soto ceker dan ranjau, disini juga ada jual soto ayam, soto madura dan soto babat juga.

SOTO CEKER PAK GENDUT
Jl.H.Agus Salim (Sabang) Depan RS Purnama
Telp.021-3107189

Letak gerobak Soto Ceker pak Gendut ini, di depan warung soto kudus di jalan Sabang, yang pernah direview Bondan. Di seberang American Grill. Sejajaran dengan Robinson.

Yah lumayanlah, soto ceker plus nasi 7500 rupiah. Kalo gak pake nasi 6.500. Trus ada kerupuk, emping, harganya sama. Seplastik seribu rupiah.

Disebelahnya ada angkringan yang jual nasi kucing, wedhang jahe, es jeruk, dll

Awas, ada soto ranjau

Namun, ketidaknyamanan itu bakal buyar ketika pesanan soto ceker sudah di depan mata. Dijamin, mata Anda bakal fokus ke lima ceker nan gemuk yang berendam di dalam kuah kuning. Selanjutnya, cobalah ambil ceker sebuah saja. Segera gigit jemari si ceker itu, ambil dengan mulut, dan biarkan sejenak mencakar lidah. Nah, rasakan nikmatnya urat kaki nan empuk yang menyatu dengan bumbu soto.

Sutomo menuturkan, untuk menghasilkan ceker yang empuk dan gurih, ia merebus ceker tersebut dua kali. Mula-mula, ceker direbus sampai empuk menggunakan bumbu dapur lengkap seperti bawang, kemiri, ketumbar, dan jahe.

Setelah sampai di warung, ceker tersebut direbus lagi. Kali ini, ia menambahkan bumbu soto, seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, kemiri, dan juga ebi sangrai. “Dan, satu lagi: bumbu rahasia perusahaan,” ujar Sutomo.

Air rebusan terakhir itu juga ia gunakan sebagai kuah soto. Agar rasa soto ceker makin mantap, sebelum dihidangkan, Sutomo menambahkan garam, penyedap rasa, daun bawang, dan bawang goreng ke dalam mangkuk soto ceker. Jika menginginkan rasa gurih lebih kuat, Anda juga bisa memesan soto ceker dengan tambahan santan.

Tentu, kedai milik Sutomo ini tidak hanya menyediakan soto ceker. Di kedai ini, para pengunjung bisa memesan soto favorit lainnya, yakni soto ranjau. Soto spesial ini menghadirkan racikan yang berisi potongan tulang ayam dan leher ayam. Tulang-tulang ayam inilah yang menjadi kekhasan soto ranjau ini. Kalau Anda menggerogoti tulang dan menemukan sedikit daging ayam atau tulang muda, pasti Anda akan merasa puas.

Untuk bisa menikmati kedua sajian istimewa tersebut, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000. Kalau ditambah sepiring nasi, total cuma menjadi Rp 13.000. “Untuk soto ranjau, saya butuh sekitar 150 kerongkongan tulang ayam utuh tiap hari,” jelas Sutomo.

Kalau Anda ingin variasi soto lainnya, Sutomo juga menyediakan soto ayam, soto daging, soto babat, hingga soto kikil. Rasanya sama-sama segar, apalagi dengan tambahan irisan tomat dan kentang di dalamnya.

Ingin lebih variatif? Cobalah campuran soto ceker atau soto ranjau dengan kikil, babat, daging, ataupun ayam. Anda bisa memilih santapan itu sesuai selera Anda. Satu porsi soto campuran plus sepiring nasi cuma Rp 16.000.

Untuk menyegarkan tenggorokan sekaligus melunturkan lemak yang mengendap di mulut, Anda bisa memilih es jeruk seharga Rp 5.000 atau es teh manis seharga Rp 3.000 sebagai minuman pendamping. Memang, menu minuman yang ditawarkan Sutomo terbatas.

Sayang, Anda tidak bisa berlama-lama bersantai di kedai ini. Begitu Anda selesai menyantap semangkuk soto, pengunjung lain pasti sudah mengincar kursi Anda.

 

Pin It

Akhirnya, weekend kemaren berdua sama temen gue, kami berkesempatan menjelajahi Jakarta Pusat. Setelah ngider di Gajah Mada Plaza, Lindteves Trade center, akhirnya perjalanan diakhiri di jalan Sabang. Setelah berjalan di sepanjang jalan Sabang, kami memutuskan untuk istirahat di Kampung Kuliner Sabang yang terkenal di kalangan penikmat kuliner ibukota.

Kampung Kuliner Sabang, terletak di seberang Duta Suara Musik, Jl. Sabang. Modelnya seperti kompleks warung-warung ala kaki lima yang dikumpulkan jadi satu. Ada kok papan petunjuknya di depan Kampung Kuliner. Di dalamnya terdapat beraneka ragam makanan, dari sate ayam, mie ayam, soto, makanan Manado, kios bebek, seafood dan lain-lain.

Kali ini gue menjatuhkan pilihan ke soto ceker Pak Gendut, sementara teman gue memesan sate ayam dari kios seberang kios Soto. Lumayan lah, gue habis sekitar Rp 19.000,00 untuk semangkuk soto ceker, nasi dan 2 es teh. Kuah sotonya segar, dengan sekitar 5 buah ceker dan taburan daun bawang serta bawang goreng. Lebih enak lagi dimakan dengan tambahan sedikit air jeruk nipis dan sambal, biar tambah mantap... Cekernya besar-besar, namun lembut dan tidak bau amis. Di meja-mejanya juga terdapat bungkusan kecil kerupuk dan emping yang bisa dimakan sebagai pelengkap soto.

Selain soto ceker, warung Soto Ceker Pak Gendut ini juga menjual soto ayam, dan soto ranjau yang juga terkenal (sayangnya kami tidak mencoba). Oya, di Kampung Kuliner sendiri, banyak pengamen dan pedagang asongan berseliweran, jadi yah, sabar-sabar aja selama makan karena bakal selalu disamperin. Lebih baik siapkan uang recehan sebelum makan, untuk antisipasi pengamen.


Cekernya mantap







   Cekernya mantap


seporsi soto ceker plus nasi-nya









   seporsi soto ceker plus nasi-nya

Restaurants

Related Listing

Place Your Review

Rate this place by clicking a star below :

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Inquiry

Captcha Verification
captcha image

PojokMakan in Facebook


This Site Support by megabisnis.com webhostingmurah.net

Switch to our mobile site